Entri Populer

Rabu, 23 Maret 2011

LEO WARNA

Perajin Sapu Purbalingga Alihkan Tujuan Ekspor ke Korsel dan Taiwan
Rabu, 23 Maret 2011 18:15 WIB      0 Komentar     0   0
Penulis : Liliek Dharmawan
PURBALINGGA—MICOM: Perajin sapu di Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) mengalihkan tujuan ekspornya ke Korea Selatan dan Taiwan. Hal ini dilakukan karena Jepang menghentikan sementara pembelian sapu menyusul gempa gempa dan tsunami yang melanda negeri tersebut.

Perajin sapu di Desa Munjul, Kecamatan Kutasari, Supardi, Rabu (23/3) mengungkapkan pascabencana gempa dan tsunami, Jepang memang menghentikan pemesanan sapu berbahan baku glagah. "Karena itu kami mulai mengalihkan pasar ekspor yakni ke Taiwan dan Korea Selatan. Saat ini, kami sudah ada pesanan ke Taiwan sebanyak 10 ribu sapu," ujar Supardi.

Menurutnya, meski pasar Jepang terhenti, tetapi ternyata masih ada negara lain yang meminta pasokan. Selain Taiwan, kata Supardi, pihaknya juga akan mengekspor ke Korea Selatan. "Kami sengaja untuk menggenjot pasar lain supaya ekspor tetap sama seperti sebelum Jepang dilanda bencana. Harga ekspor ke Taiwan sama dengan ke Jepang yakni berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp35 ribu per batangnya," jelasnya.

Meski demikian, ia mengakui kalau penutupan pasar Jepang tetap berpengaruh terhadap omzet penjualan sapu. Bahkan, katanya, sampai sekarang Supardi masih menyimpan 30 ribu sapu yang sebetulnya bisa diekspor ke Jepang. (LD/OL-04)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar